Sunday, January 31, 2016

Cara Efektif Mengatur Waktu

Cara Efektif Mengatur Waktu


1. Belajar di waktu-waktu produktif
  • Waktu-waktu di saat badanmu masih segar, pikiran masih jernih adalah saat yang tepat untuk belajar. Jangan mengerjakan sesuatu yang sulit di saat tubuh lelah dan pikiran yang penat karena akan sulit berkonsentrasi dan belajar pun tidak akan maksimal.

2. Rencanakan kegiatanmu
  • Kamu harus memiliki rencana jangka pendek dan panjang untuk kegiatan yang akan kamu lakukan.

3. Terapkan skala prioritas
  • Jika kamu memiliki tugas yang sangat banyak untuk dilakukan, skala prioritas merupakan hal yang penting.

4. Tuliskan tugas yang diselesaikan
  • Buatlah juga daftar tugas yang sudah selesai untuk mengetahui sudah berapa jauh kamu menyelesaikan pekerjaan.

5. Atasi kebiasaan menunda
  • Kebiasaan ini adalah kebiasaan yang paling banyak menghalangi seseorang untuk dapat memanfaatkan waktunya dengan baik.

6. Hindari sifat perfeksionis
  • Sifat perfeksionis tidak akan membuat tugas lebih baik secara keseluruhan.








7. Istirahat Cukup
  • Siapa bilang apabila kita tidur, kita sama saja membuang waktu? Beristirahat 6-8 jam sehari, memiliki efek yang sangat baik untuk mempertahankan produktivitas.

8. Belajar berkata "TIDAK"
  • Orang yang mengalami kesulitan untuk berkata TIDAK untuk hal-hal yang tidak penting, biasanya karena ia takut menyinggung orang lain, ingin dipuji dan dianggap seorang baik tetapi di sisi lain itu mencerminkan bahwa orang tersebut tidak memiliki prioritas atau konsekuensi.

9. Membagi tugas
  • Kadang ada pekerjaan yang tidak dapat dilakukan sendiri, maka kamu harus membagi pekerjaanmu itu kepada orang lain, jangan bersikap egois.

10. Manfaatkan teknologi
  • Manfaat teknologi, jangan sampai dimanfaatkan teknologi. Dengan adanya teknologi kamu dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Sumber:mariajosephine0601.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment